ANEKA BENDA BERTUAH

 

Kamis, 18 Oktober 2012

DIMAHARKAN KUJANG MATA 3 BERAJAH

DIMAHARKAN KUJANG MATA 3 BERAJAH

Kujang mata 3 ini sebuah senjata dari daerah jawa barat, yang memiliki makna dan  filosofis tersendiri bagi masyarakat sunda. Yaitu seiring dengan kandungan 2 makna yg merefleksikan adanya 2 sisi ketajaman kritis dlm kehidupan, baik kehidupan individu maupun sosial kemasyarakatan. pamor " kujang " berasal dari kata kudihyang yang berarti manusia. Manusia yang sakti sebagaimana Prabu Siliwangi. Kudi diambil dari bahasa Sunda Kuno yang artinya senjata yang mempunyai kekuatan gaib sakti,

Melalui senjata kujang inilah kebesaran kerajaan pajajaran di masa lampau dapat ditelusuri. Fungsi kujang sbg alat atau senjata perang berlaku hingga perang kemerdekaan. Dalam riwayat Prabu siliwangi selalu membawa senjata kujang setiap kali berangkat ke medan perang.  sejak zaman dahulu kala hingga saat ini pada jaman kerajaan pajajaran, kerajaan terbesar di tanah pasundan. Para petinggi kerajaan hingga prajurit bahkan rakyat jelata, menggunakan kujang sebagai senjata utk berperang membela diri, mempertahankan diri, dll.

Sebagai sarana :
Banyak dimiliki oleh para pejabat,  petinggi negara serta pengusaha  digunakan untuk sebagai jimat, sebagai penolak bala, misalnya untuk menghalau musuh atau menghindari bahaya, terhindar dari penyakit ghoib , Senjata ini juga disimpan sebagai pusaka, yang digunakan untuk melindungi rumah dari bahaya, melindungi pemiliknya dari segala marabahaya , melancarkan datangnya rezeki dari segala penujru, akan memilki kewibawaan yang besar, serta pemiliknya mudah meraih kedudukan serta mempertahankan kedudukan tersebut.
 





  INFORMASI KONTAK
 KI DAMAR AGUNG
 0857 1374 1232
 PIN BB 294 84A75

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar